Apa Manfaat atau Keuntungan Memelihara Kucing dalam Islam ?

Cara Menghilangkan Angka di Excel atau Google Sheet Dengan Mudah dan Cepat
Cara Menghilangkan Angka di Excel atau Google Sheet Dengan Mudah dan Cepat
November 17, 2020
Apa-Manfaat-atau-Keuntungan-Memelihara-Kucing-dalam-Islam

Apa Manfaat atau Keuntungan Memelihara Kucing dalam Islam ?

Udah tahu belum bahwa ada sekitar 76,8 juta video kucing di youtube, kemudian di Instagram orang yang mencari tentang kucing kurang lebih sebesar 123,8 juta. Ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat disukai oleh manusia.

Kucing merupakan salah satu hewan lucu dan termasuk dalam hewan yang istimewa di dalam Islam, karena merupakan hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang sangat Beliau sayangi.

Menurut Wikipedia Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah dengan nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus merupakan sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Nah Kata “kucing” ini biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, namun bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa atau harimau.

Kucing ini sendiri bukanlah hewan yang baru dikenal, mereka telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari penemuan kerangka kucing di Pulau Siprus.Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Sudah terbukti bahwa saat ini, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx.

Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Guys, masih banyak orang yang rupanya merasa takut untuk memelihara kucing karena khawatir bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Namun, semua makhluk yang diciptakan Allah di muka bumi ini tentu memiliki manfaat masing-masing begitu juga dengan kucing.

Salah Satu Video Lucu Kucing di Youtube

Meskipun ada sisi negatif dari hewan lucu ini seperti mencuri makanan seperti daging, ikan, ayam, membuang kotoran sembarangan, berantem di dalam rumah, tetapi rupanya kucing juga memiliki keistimewaan untuk kita manusia dan bagi yang memelihara kucing tentunya juga bisa memperoleh pahala. Nah apa aja sih Apa Manfaat atau Keuntungan Memelihara Kucing dalam Islam?

Menjadi Timbangan Kebaikan Saat Kiamat

Seseorang yang memelihara kucing ataupun binatang lainnya dalam jalan Allah dengan penuh Iman pada Allah dan meyakini akan kebaikan yang diberikan-Nya, maka kebaikan yang sudah diberikan pada hewan tersebut, seperti memberi makan hewan tersebut dan membuang kotorannya, kelak akan ditimbang sebagai kebaikan di hari kiamat.

Melatih Sikap Empati

Dengan memelihara kucing, maka akan melatih sifat empati pada seseorang. Orang dewasa atau anak-anak akan terlatih untuk memperhatikan, menyayangi dan peduli tentang situasi yang di alami oleh hewan peliharaannya.

Selain itu anak-anak yang dalam masa perkembangannya dikelilingi oleh kucing, maka ia akan menjadi anak yang mudah berempati dan penuh kasih sayang serta selalu memiliki pertimbangan atas apa yang dilakukan, yakni memberikan dampak baik atau dampak buruk terhadap selain dirinya.

Mendapatkan Rahmat di Hari Kiamat

Seseorang yang menyayangi hewan seperti kucing dan hewan lainnya termasuk hewan sembelihan sekalipun, maka akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT di hari kiamat nanti. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari)

Mendapat Ampunan dan Ridha Allah

Dari Syeikh Dr.Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod menyebutkan jika setiap muslim memang sudah dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua hewan seperti kucing agar kelak nantinya bisa mendapat ampunan dan juga ridha dari Allah Ta’ala.

Merupakan Sedekah

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memelihara, memberi makan dan juga minum pada hewan seperti kucing khususnya saat hewan tersebut sedang lapar dan haus sebab akan jadi berdosa jika membuat hewan tersebut menderita. Dengan memelihara kucing tersebut, maka sudah dijadikan sedekah bagi orang tersebut.

Dosa Diampuni

Seorang muslim juga sangat disarankan untuk menolong hewan khususnya pada hewan yang menderita termasuk anjing sekalipun. Ini membuat umat muslim tidak memiliki pengecualian untuk menolong binatang, karena tujuannya sangat mulia yakni tidak membiarkan hewan tersebut menderita. Dengan memelihara kucing contohnya, maka perbuatan dosa orang yang menolong hewan tersebut akan diampuni.

Tidak Memiliki Banyak Kuman

Seperti yang kita ketahui, hewan kucing tidak menyukai air. Apabila dilihat dari fakta, air merupakan wadah subur bertumbuhnya kuman. Inilah yang menyebabkan seluruh permukaan tubuh kucing tidak memiliki jenis kuman karena kucing merupakan hewan yang takut air. Ini membuat kucing diperbolehkan dipelihara dalam Islam karena tidak memiliki kuman di tubuhnya.

Kucing Bukan Hewan Najis

Dalam sebuah hadits disebutkan, dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Dalam sebuah hadits disebutkan,  dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik).

Terapi Mental

Kucing dapat menghilangkan rasa kesepian atau kesendirian. Manusia dewasa atau anak-anak yang memelihara kucing seringkali mengajak kucingnya berbicara dan bermain. Itulah yang dapat menjadi obat terapi untuk mental atau emosi yang sedang tidak stabil.

Kucing juga dapat menjadi penghilang stres. Bahkan dalam sebuah penelitian, para pemelihara kucing memiliki denyut jantung istirahat yang rendah dan tekanan darah yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Ada juga sebuah Studi yang menunjukkan, betapa besar dukungan emosi yang didapatkan seseorang dari kucing yang dipeliharanya berdasarkan bagaimana pemilik tersebut mencari mereka pada situasi stres.

Demikian artikel tentang

Apa Manfaat atau Keuntungan Memelihara Kucing dalam Islam ?

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *